Wednesday 20 March 2013

Pentingnya Memakai Helm Dalam Mengendarai Sepeda Motor


Salah satu hal yang paling penting dalam mengendarai sepeda motor yaitu harus pakai Helm merupakan pelindung kepala kita saat kita berkendara sepeda motor. Helm sangat penting bagi pengendara karena berdasarkan data yang ada menunjukkan bahwa 8 dari 10 kecelakaan kendaraan bermotor adalah sepeda motor. Itu berarti 80 persen kecelakaan terjadi pada pengguna sepeda motor. Sebenarnya ada banyak manfaat helm yang dapat diperoleh oleh masyarakat namun kebanyakan masyarakat enggan memakainya karena alasan kurang penting dan mengganggu penampilan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menggunakan helm:

Melindungi kepala
Bayangkan apa yang terjadi pada kepala anda jika anda jatuh dari sepeda motor? kepala merupakan organ vital manusia, jika kepala sampai terganggu atau bermasalah bisa jadi manusia tersebut akan mengalami kematian. Itu sebabnya berkendara haruslah mengenakan helm guna melindungi kepala.

Melindungi mata
Berkendara sepeda motor jika tanpa helm mata anda akan terkena silau dan juga debu, hal ini sangat membahayakan bagi para pengendara karena dapat menyebabkan kecelakaan. Menggunakan helm dapat menghindarkan anda dari silau dan juga debu, selain itu saat cuaca hujan anda juga masih bisa melihat jalanan dengan jelas dibandingkan saat anda tidak menggunakan helm.

Kami berharap kepada pengguna jalan raya terutama pengendara sepeda motor agar selalu berhati-hati dan menggunakan atribut lebgkap di saat bepergian. Kita mengikuti aturan yang ditetapkan, mudah-mudahan selamat seperti kata kata yang sering kita dapat di kantor polisi “SAYANGI DIRIMU, SAYANGI KELUARGAMU” berhati-hatilah di jalan. Mungkin bisa kita  rubah “SAYANGI KEPALAMU, PAKAILAH HELM”
Demikianlah begitu pentingnya helm bagi kita, patuhilah peraturan lalu lintas karena peraturan itu disusun untuk kebaikan kita dan tak ada maksud sedikitpun untuk menyusahkan kita.

3 comments: